Bayu'zu my blog

Tips, Information, Article

-

Jenis-Jenis Kabel Jaringan

Macam-Macam Kabel Jaringan
Kabel merupakan salah satu Media transmisi data untuk jaringan, yang digunakan untuk menghubungkan  satu  komputer  dengan  komputer lainya,berfungsi dalam  mengirim  informasi  dalam  bentuk  sinyal  listrik  antar  komputer jaringan. kabel jaringan yang digunakan ada 4 macamnya:


1.  Kabel Coaxial
Coaxial Merupakan kabel jaringan yang dilapisi dengan 2 tingkat isolasi. Pada isolasi yang pertama terdapat seraut konduktor yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengurangi pengaruh elektromagnetik,isolasi yang kedua terdapat plastic yang berfungsi sebagai pelindung untuk menghindari goresan dari kabel.

2. Kabel Fiber optic
Merupakan kabel jaringan yang dibuat menggunakan bahan dari filamen glass.transmisi data menggunakan fiber optic lebih cepat karena Pengiriman  data  ditransmisikan oleh pulsa  cahaya  untuk mengindarkan kehilangan  data  yang  disebabkan  oleh interferensi listrik.

3. Kabel Unshield Twisted Pair(UTP)
                        Merupakan Kabel jaringan untuk menyalurkan jaringan internet,dan di dalam kabel UTP ini di dalamnya ada 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni yang memiliki dua  kabel  yang  diputar  enam  kali  per-inchi,yang tidak dilengkapi shield(pelindung internal) untuk memberikan  perlindungan  terhadap  interferensi  listrik  ditambah  dengan  impedensi, atau  tahanan  listrik  yang  konsisten.kabel ini sangat umum digunakan banyak orang karena harganya murah.

4. Kabel Shield Twisted Pair(STP)
                        Merupakan Kabel jaringan yang sama seperti Kabel tetapi  kawatnya  lebih  besar  dan  diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.



referensi : berbagai sumber


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori internet / jaringan komputer / komputer / network / protokol / protokol utama / tugas JKD dengan judul Jenis-Jenis Kabel Jaringan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bayuzu.blogspot.com/2012/04/jenis-jenis-kabel-jaringan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, April 25, 2012

10 komentar untuk "Jenis-Jenis Kabel Jaringan"

Anonymous said...

makasih mas atas infonya

Unknown said...

Sipp sama-sama..." yhanx dah berkunjung di blog saya.

Unknown said...

makasih,, artikel ini sangat berarti buat saya

Unknown said...

trims buat infonya mas Admin

Unknown said...

makasih,, artikel ini sangat berarti buat saya

Unknown said...

sangat bagus buat tambah2 pengetahuan,...

Grazie Fratello

Unknown said...

makasih infonya mas

Dunia Magic said...

Thanks..

Dunia Magic said...

Thanks...

Unknown said...

Ijin Copas yah gan ^_^
ane kasih sumber nya kok.

Belajar debian