Bayu'zu my blog

Tips, Information, Article

-

Filsafat Ilmu Komputer

tugas ini merupakan tugas softskil yaitu tentang Memahami filsafat ilmu komputer,sangatlah penting untuk kita yang mempelajari tentang dunia komputer.supaya kita tahu ilmu komputer yang selama ini dipelajari berasal dari mana sebelumnya. namun dalam hal ini saya hanya menjelaskan tentang filsafat ilmu komuter saja.untuk mengetahui pasti tentang filsafat ilmu computer,maka terlebih dahulu mengetahui makna kata dari Filsafat.

Filsafat menurut pendapat para ahli : 
è Stephen R. Toulmin
Sebagai suatu cabang ilmu, filsafat ilmu mencoba pertama-tama menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyelidikan ilmiah prosedur-prosedur pengamatan, pola-pola perbinacangan, metode-metode penggantian dan perhitungan, pra-anggapan-pra-anggapan metafisis, dan seterusnya dan selanjutnya menilai landasan-landasan bagi kesalahannya dari sudut-sudut tinjauan logika formal, metodologi praktis, dan metafisika

è Lewis White Beck
Filsafat ilmu membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan.

è Peter Caws
Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat, yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia. Filsafat melakukan dua macam hal di satu pihak, ini membangun teori-teori tentang manusia dan alam semesta, dan menyajikannya sebagai landasan-landasan bagi keyakinan dan tindakan; di lain pihak, filsafat memeriksa secara kritis segala hal yang dapat disajikan sebagai suatu landasan bagi keyakinan atau tindakan, termasuk teori-teorinya sendiri, dengan harapan pada penghapusan ketakajegan dan kesalahan.

è Ismaun (2001)
fungsi filsafat ilmu adalah untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep dan teori sesuatu disiplin ilmu dan membekali kemampuan untuk membangun teori ilmiah. Selanjutnya dikatakan pula, bahwa filsafat ilmu tumbuh dalam dua fungsi, yaitu: sebagai confirmatory theories yaitu berupaya mendekripsikan relasi normatif antara hipotesis dengan evidensi dan theory of explanation yakni berupaya menjelaskan berbagai fenomena kecil ataupun besar secara sederhana.

    Setelah kita mengetahui arti filsafat dari beberapa pendapat para ahli, maka kita mendapatkan gambaran tentang filsafat. Berarti filsafat itu ada kaitanya dengan ilmu dimana beberapa para  ahli yaitu:
è  Communality, The Liang Gie 1991 berpendapat bahwa ilmu adalah Sekumpulan proposisi sistematis yang terkandung dalam pernyataan-pernyataan yang  benar dengan ciri pokok yang bersifat general, rational, objektif, mampu diuji kebenarannya (verifikasi objektif), dan mampu menjadi milik umum.
è Harsojo, Guru Besar antropolog di Universitas Pajajaran  berpendapat bahwa ilmu merupakan akumulasi pengetahuan yang disistematisasikan. Suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris yaitu dunia yang terikat oleh factor ruang dan waktu yang pada prinsipnya dapat diamati panca indera manusia.Suatu cara menganlisis yang mengizinkan kepada ahli-ahlinya untuk menyatakan suatu proposisi dalam bentuk: “jika,….maka…”

Berdasarkan pendapat dari beberapa para ahli diatas maka kita memperoleh gambaran bahwa filsafat ilmu komputer merupakan hasil pemikiran yang sedalam-dalamnya dimana kebenaranya telah diuji.kemudian hasil itu menjadi ilmu pengetahuan untuk umum. Dalam hal ini yaitu ilmu pengetahuan tentang komputer yang tujuan nya mempelajari nilai-nilai yang terkandung tentang ilmu computer.




 


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori filsafat ilmu komputer / Pengertian filsafat / pengertian filsafat menurut para ahli / Tugas Softskil dengan judul Filsafat Ilmu Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bayuzu.blogspot.com/2011/12/filsafat-ilmu-komputer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, December 14, 2011

1 Komentar untuk "Filsafat Ilmu Komputer"

Unknown said...

ok terima kasih dah mengingatkan. thanx juga dah berkunjung ke blog saya.