Bayu'zu my blog

Tips, Information, Article

-

Pengertian Guru

Guru adalah
sebagai pendidik dan pengajar anak, guru diibaratkan seperti ibu kedua yang mengajarkan berbagai macam hal yang baru dan sebagai fasilitator anak supaya  dapat belajar dan mengembangkan potensi dasar dan kemampuannya secara optimal,hanya saja ruang lingkupnya guru berbeda, guru mendidik dan mengajar di sekolah negeri ataupun swasta.
Pengertian guru menurut para ahli


 menurut Noor Jamaluddin (1978: 1)
Guru adalah pendidik, yaitu orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaannya, mampu berdiri sendiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang sanggup berdiri sendiri.

menurut Peraturan Pemerintah
Guru adalah jabatan fungsional, yaitu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang PNS dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan keahlian atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

menurut Keputusan Men.Pan
Guru adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, wewenang dan tanggung jawab oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pendidikan di sekolah.

menurut Undang-undang No. 14 tahun 2005
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.





Anda baru saja membaca artikel yang berkategori pengertian guru / Tulisan dengan judul Pengertian Guru. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bayuzu.blogspot.com/2012/07/pengertian-guru.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, July 29, 2012

2 komentar untuk "Pengertian Guru"

Ridwan Mujib said...

guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan orangtua yang tidak mengandung, merawat dan tidak ada hubungan darah tapi mendidik kita

Unknown said...

guru adalah salah satu orang yang paling berjasa dalam hidup