Bayu'zu my blog

Tips, Information, Article

-

Protokol TCP/IP

Protokol TCP/IP kepanjangan dari( Transmission Control Protocol/Internet Protokol) merupakan  sekelompok protokol yang mengatur jalan nya komunikasi data antara komputer-komputer yg berada di jaringan internet. TCP/IP ini sebagai penghubung antara komputer yang berbeda sistem operasi dan jenis komputer nya, sehingg dalam pengiriman data tidak mengalami masalah.


1. Aplication  Layer 
Aplication layer merupakan layer yang melayani permintaan data atau servis, aplikasi pada layer ini menunggu di portnya masing-masing dalam suatu antrian untuk diproses.aplikasi yang bekerja pada layer ini yaitu:
  1. TELNET (Network Terminal Protocol), yang menyediakan remote login dalam jaringan.
  2. FTP (File Transfer Protocol), digunakan untuk file transfer.
  3. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), dugunakan untuk mengirimkan electronic mail.
  4. DNS (Domain Name Service), untuk memetakan IP Address ke dalam nama tertentu.
  5. RIP (Routing Information Protocol), protokol routing.
  6. OSPF (Open Shortest Path First), protokol routing.
  7. NFS (Network File System) untuk sharing file terhadap berbagai host dalam jaringan.
  8. HTTP (Hyper Text Transfer Protokol), protokol untuk web browsing.

2. Transportation Layer
      Transport Layer menentukan bagaimana host pengirim dan host penerima dalam membentuk sebuah sambungan sebelum kedua host tersebut berkomuikasi, serta seberapa sering kedua host ini akan mengirim acknowledgment dalam sambungan tersebut satu sama lainnya. Transport layer hanya terdiri dari dua protokol,yaitu :
a. TCP ( Transmission Control Protocol)
b. UDP (User Datagram Protocol)

3. Internet Layer
Internet Layer berisi protokol yang bertanggung jawab dalam pengalamatan dan enkapsulasi paket data jaringan. Internet layer terdiri dari beberapa protokol yaitu :
a. IP
b. ARP
c. ICMP
d. IGMP

4. Network Acces Layer
Protokol pada layer ini menyediakan media bagi sistem untuk mengirimkan data ke devicelain yang terhubung secara langsung. Network Access Layer merupakan gabungan antaraNetwork, Data Link dan Physical Layer. Fungsi Network Access Layer dalam TCP/IP disembunyikan, dan protocol yang lebih umum dikenal (IP, TCP, UDP, dll) digunakan sebagai protocol-level yang lebih tinggi. Fungsi dalam layer ini adalah mengubah IPdatagram ke frame yang ditransmisikan oleh network, dan memetakan IP Address kephysical address yang digunakan dalam jaringan. IP Address ini harus diubah ke alamat apapun yang diperlukan untuk Physical Layer untuk mentransmisikan datagram.

ref : 
gthe.wordpress.com/2010/03/02/protokol-tcpip/







Anda baru saja membaca artikel yang berkategori internet / jaringan komputer / komputer / network / protokol / protokol utama / tugas JKD dengan judul Protokol TCP/IP. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bayuzu.blogspot.com/2012/03/protokol-tcpip.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, March 26, 2012

Belum ada komentar untuk "Protokol TCP/IP"