Bayu'zu my blog

Tips, Information, Article

-

Resistor

Resistor adalah Salah satu komponen elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Kemampuan resistor dalam menghambat arus listrik sangat beragam disesuaikan dengan nilai resistansi resistor tersebut. Resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω (Omega).
Didalam rangkaian elektronika resistor dilambangkan " R "Ada beberapa jenis resistor yang ada dipasaran antara lain : Resistor Carbon, Wirewound, dan Metal Film.
Agar   kita   mengetahui   nilai   resistansi   dari   sebuah   resistor,   kita   dapat mengetahui dari warna gelang–gelang yang terdapat pada permukaan luar resistor tersebut. Setiap gelang warna tersebut memiliki  harga dan fungsi yang berbeda. Gelang 1 dan 2 berfungsi sebagai nilai, gelang 3 berfungsi sebagai   faktor   kali,   sedangkan   gelang   4   berfungsi   sebagai   penentu   nilai toleransi.Biasanya resistor yang kita temui dipasaran terdiri dari 4 gelang warna, namun ada pula yang terdiri dari 5 sampai 6 gelang warna. Dimana gelang 5 dan   6   tersebut   menunjukkan   nilai   sensitifitas   resistor   terhadap   suhu disekitarnya.   Untuk   mengetahui   besar   nilai   masing–masing   warna   dapat dilihat pada gambar berikut:

tips : 
Cara cepat Menghafal kode warna pada resistor adalah :
Hitam, Coklat, Merah, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Violet, Abu-abu, Perak, Putih = Hi-Co-M-O-K-Hi-Bi-Vi-A-Pe-P




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Elektronika / Tulisan dengan judul Resistor. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bayuzu.blogspot.com/2012/09/resistor.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: bayu sutrisn - Monday, September 17, 2012

Belum ada komentar untuk "Resistor"